Minggu, 31 Juli 2011

Kere Setelah Pensiun


Berapa penghasilan anda saat ini?. Besar ataupun kecil semuanya relatif mampu memenuhi kebutuhan hidup anda sekeluarga. Apa anda suka belanja? Barang-barang apa yang paling anda sukai? Mungkin telah puluhan atau bahkan ratusan koleksi ada di rumah anda. Tentu saja semuanya barang-barang yang anda gemari. Pasti andapun mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk itu. Beruntungnya anda, hidup anda penuh dengan hal-hal yang menyenangkan yang bisa membuat anda puas. Tapi apakah anda pernah berfikir untuk hari tua nanti? Apa yang anda bayangkan untuk menghabiskan sisa-sisa umur anda? Jalan-jalan keliling dunia, menikmati alam di villa kesayangan anda? Atau anda hanya malah akan tergeletak lemas di atas tempat tidur yang reot. Semuanya bisa anda pilih, mana yang paling anda sukai.


Banyak orang yang dimasa mudanya memiliki segala-galanya. Rumah, mobil mewah uang jangan ditanya. Dengan gaji besar bisa membeli apa saja yang ia mau. Karena berfikir ia yang bekerja maka ia bebas mau membelanjakan uangnya kemana saja. Gaya hidup yang glamour menjadi pilihannya. mungkin dengan begitu ia merasa dunia dalam genggamannya. Tetapi tak sedikit orang yang harus hidup dalam kondisi yang memprihatinkan pada saat tuanya. Ketika masa pensiun tiba ia tidak punya apa-apa lagi. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-haripun harus ngutang sana sini. Ini bukan cerita bohong untuk sekedar menakut-nakuti, anda bisa cek disekeliling anda. Suatu saat masa tua itu akan juga anda alami. Waspadalah …jangan hal itu juga menimpa hari tua anda.

Hidup tidak hanya untuk hari ini. Karena hari esok masih ada, jika hanya berfikir untuk sekedar bisa makan saat ini. Maka anda tidak akan pernah bisa maju. Meskipun besok Tuhan tidak lagi memberi hak hidup pada anda, setidaknya anda sudah menyediakan payung sebelum hujan itu turun. Curhatan beberapa orang teman membuat saya sadar, bahwa menyiapkan segalanya untuk hari tua adalah suatu keharusan. Pola hidup yang terlalu konsumtif di usia muda ternyata hanya membuat sengsara di masa depan. Jika sekarang yang ada hanya sesal, maka itupun tak akan ada gunanya lagi. Karena Penyesalan selalu datang belakangan. Sebelum terlambat jangan buat susah diri anda di masa tua nanti. Karena teman-teman hanya akan mengucapan satu kata pada anda

“KASIHAN… Padahal dulu ia orang kaya” apa itu cukup untuk anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar